Tas Hermes Istri Erdogan Kontroversi Lepas Himbauan Boikot Produk Prancis

Tas Hermes Istri Erdogan Kontroversi Lepas Himbauan Boikot Produk Prancis
Tas Hermes dari Emine Erdogan memicu kontroversi. (Twitter / achilleaschrist)

Solopos.com, ISTANBUL – Beberapa hari setelah foto lama istri Presiden Erdogan yang mengenakan tas tangan Hermes viral di media sosial, media Turki membelanya dengan mengklaim tas Hermes palsu. Emine Erdogan telah menghadapi kritik besar karena memakai produk Prancis, tetapi Erdogan menyerukan boikot produk Prancis.

Presiden Prancis buka suara soal karikatur Nabi Muhammad

Prancis belakangan ini menjadi incaran umat Islam, karena Presiden Prancis Macron Emmanuel menolak mengutuk karikatur Nabi Muhammad. Menanggapi hal tersebut, Presiden Turki Erdogan meminta umat Islam dunia untuk memboikot produk Prancis.

Dilaporkan Ahvalnews Rabu (4/10/2020), Setelah beredar foto-foto lama istri Presiden Erdogan dengan tas tangan Hermes, pemimpin Partai Rakyat Republik (CHP) Kemal Kilicdaroglu mengusulkan agar Emine Erdogan bakar US $ 49.000 tas. Menurutnya ini adalah bagian dari boikot Prancis.

Harga Tas Emine Erdogan Hermes. (Twitter / ___ mjb)
Harga Tas Emine Erdogan Hermes. (Twitter / ___ mjb)

Hermes sendiri adalah produsen barang mewah fashion kelas atas yang berbasis di Prancis. Tas Hermes Kelly yang dikenakan oleh ibu negara Turki, terbuat dari kulit buaya yang eksotis dan dilengkapi dengan perangkat keras emas.

Produk Lifestyle Andalan Perancis, Berikut 11 Merk Kosmetik Favorit Indonesia

Foto lama

Setelah foto lama Emine Erdogan menggendong tas Hermes pada 2019 muncul kembali, masyarakat mulai mengkritik Ibu Negara Turki di media sosial.

Banyak netizen yang bertanya-tanya apakah istri Erdogan akan membuang tas tangan desainer, yang harganya lebih mahal dari rata-rata pendapatan tahunan orang Turki. Ada juga yang mengatakan boikot terhadap barang-barang Prancis itu baik, asalkan tidak memengaruhi gaya hidup kelas atas kepresidenan.

Banyak netizen juga mengungkapkan bahwa lira Turki terus-menerus berada di bawah tekanan terhadap mata uang global. Krisis ekonomi di Turki telah menyulitkan orang untuk membeli barang impor Perancis.

Baca:  Horor Deh! Pria Ini Jual Pernak-Pernik Pohon Natal dari Abu Kremasi Manusia

Sementara itu, Presiden Erdogan menanggapi panggilan dari pemimpin oposisi Kilicdaroglu dengan mengatakan, “Jika Anda memiliki sedikit hati, bicarakan tentang saya. Jangan bicara tentang istriku. Anda politisi seperti apa? Jika Anda mencari tas untuk dibakar, ada banyak orang Turki Putih bersama Anda. "

Akankah Rudy Memimpin Grup Gibran-Teguh Saat Debat Publik Pertama Pilkada Solo?

Kalkun putih adalah ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan orang Turki yang lebih kaya, dan berorientasi pada Eropa. Orang Turki hitam di Anatolia cenderung lebih miskin, dan memiliki lebih banyak kelas pekerja.

Jurnalis Turki Hande Firat mengklaim bahwa tas yang dikenakan Ibu Negara Turki adalah versi paspor dari tas Hermes. Dalam artikel yang dimuat di surat kabar Turki Hurriyet, jurnalis tersebut mengatakan bahwa Emine Erdogan hanya membeli imitasi dari merek-merek mewah.

Postingan kontroversi tas istri Erdogan Hermes off seruan boikot produk Prancis muncul pertama kali di Solopos.com.