Susah Hamil Anak Kedua? Waspada Infertilitas Sekunder, Ma!

Susah Hamil Anak Kedua? Waspada Infertilitas Sekunder, Ma!

Berencana punya anak kedua tapi tetap tidak hamil? Bisa jadi Anda mengalami infertilitas sekunder atau infertilitas sekunder. Kesulitan hamil anak kedua ini bisa terjadi karena beberapa faktor, Bu, seperti kesehatan ibu, riwayat kesehatan, dan pola hidup yang tidak sehat.

Tapi kenapa bisa? Meski hamil anak pertama berjalan lancar, mengapa sulit hamil lagi. Daripada bingung dan bertanya-tanya, yuk kita simak penjelasan tentang infertilitas sekunder yang bisa jadi penyebab Anda sulit hamil anak kedua.

Penyebab Sulitnya Kehamilan Anak Kedua

Ketahui Tentang Infertilitas Sekunder

Sumber gambar: momtastic.com

Dikatakan bahwa seseorang yang mengalami kemandulan sekunder adalah saat Anda mengalami kesulitan untuk mengandung anak kedua. Biasanya kondisi ini akan terdiagnosis jika ibu menjalani promile alami yang berlangsung selama 6 bulan dan tidak ada faktor risiko.

Baca juga: Sulit Hamil karena Rahim Dingin? Ayo, Bu!

Eits, risiko ini terjadi tidak otomatis karena kesehatan Mama! Namun hal ini juga bisa terjadi karena kesehatan Papa. Nah, yang paling umum adalah karena produksi atau pergerakan sperma yang terganggu seiring bertambahnya usia Papa. Nah, kalau masalahnya ada pada Mama, biasanya terjadi karena kerusakan saluran tuba, gangguan ovulasi, endometriosis, dan masalah rahim.

Tentunya jika bunda mengalami kesulitan untuk mengandung anak kedua akan memicu stress karena terlalu banyak memikirkannya, untuk itu diperlukan dukungan keluarga terutama papa untuk mendapatkan dukungan yang baik untuk menenangkan mama. Begitu, Jangan pernah melawan ini sendirian, Bu! Cobalah untuk terbuka dan rileks.

Penyebab Infertilitas Sekunder

sumber gambar: mom.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sulitnya hamil anak kedua bisa terjadi karena gangguan kesehatan dari Mama atau Papa. Jika kemandulan sekunder disebabkan oleh Papa, kelainan ini biasanya terjadi pada kualitas sperma yang buruk. Sedangkan jika masalahnya ada pada Mama, bisa terjadi kerusakan pada saluran tuba, gangguan ovulasi, endometriosis, dan masalah rahim.

Baca Juga: Menjalani Program Kehamilan? Hindari Makanan Ini!

Selain masalah kesuburan, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan Mampaps sulit hamil anak kedua, di antaranya:

Meningkatkan Usia dan Tingkat Kesuburan

Bu, seiring bertambahnya usia, kesuburan juga menurun! Tak hanya itu, risiko keguguran pun meningkat. Sebagian besar masalah ini terjadi karena kelainan kromosom pada telur yang menua.

Padahal, di usia 35 tahun ke atas, kesuburan wanita akan menurun drastis bila. Kondisi ini disebabkan oleh penurunan produksi hormon estrogen dan progesteron seiring bertambahnya usia wanita.

Baca:  Tren Foto Bugil Anak, Waspada Ma!

Penambahan Berat Badan Secara Signifikan

Wah, ternyata berat badan bisa mempengaruhi kesuburan. Jika setelah kelahiran Mampaps & # 39; anak pertama, berat badannya bertambah, kemungkinan besar kemandulan sekunder lebih rentan terjadi! Begitu, Selalu jaga pola makan dan kehidupan yang sehat setelah si kecil agar saat merencanakan promil anak kedua dan seterusnya bisa berjalan dengan baik.

Peluang untuk Relasi

Mampap yang sibuk bekerja dan jarang berhubungan seks bisa menjadi pemicu utama kenapa sulit hamil anak kedua. Sangat disarankan, jika ingin menjalankan promil anak kedua, maka buatlah jadwal untuk melakukan hubungan intim, terutama saat mama sedang dalam masa subur.

Mams Menderita Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah penyakit yang menyebabkan gangguan hormonal pada wanita. Kondisi ini bisa ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur. Tak hanya sulit untuk hamil anak kedua, kondisi ini juga bisa membuat Bunda keguguran, infeksi menular seksual, atau infeksi pada rahim. Jika ini terjadi, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang baik.

Baca Juga: Wajib Dimiliki! Tinjau 7 Aplikasi Untuk Mempersiapkan Program Kehamilan!

Tips Program Kehamilan Anak Kedua

Sumber gambar: osfhealthcare.org

Sulitnya hamil anak kedua bisa dicegah dengan menjalani pola hidup sehat, selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar promil anak kedua bisa sukses, diantaranya:

  • Makan makanan yang sehat dan bergizi
  • Lakukan konsultasi rutin dengan dokter spesialis, untuk mendapatkan obat yang bermanfaat sebagai stimulan keluarnya sel telur
  • Konsumsi vitamin C dan D untuk meningkatkan produksi sperma dan konsumsi vitamin B kompleks untuk meningkatkan kesuburan Anda
  • Hindari stress
  • Lakukan olahraga ringan secara teratur
  • Berhenti merokok atau hindari asap rokok, alkohol atau kafein
  • Bunda yang mengalami PCOS, dokter akan memberikan obat untuk mengobatinya, sehingga peluang untuk hamil akan semakin meningkat.

Tentunya sulit untuk hamil anak kedua dan itu tidak akan wajar jika rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan. Hal ini berguna agar Mampaps mengetahui permasalahan apa yang sedang terjadi, sehingga dapat diberikan penanganan yang sesuai oleh dokter.

Postingan Sulit Hamil dengan Anak Kedua? Waspada Infertilitas Sekunder, Ma! muncul pertama kali di Mamapapa.id.