Saatnya Beralih ke Pasta Gigi Khusus untuk Merawat Gigi Sensitif

Memiliki gigi sensitif bukanlah hal yang menyenangkan. Setiap kali Anda makan atau minum dan bahkan saat membersihkan atau menggosok gigi, Anda akan mengalami banyak rasa sakit. Ini tandanya sudah saatnya Anda perlu merawat gigi sensitif untuk mengurangi gejala dengan beralih ke pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Apa perbedaan pasta gigi biasa dan pasta gigi untuk gigi sensitif?

kode warna pasta gigi

Dikutip dari Klinik MayoKepekaan gigi biasanya disebabkan oleh email gigi yang terkikis atau akar gigi yang terbuka (tidak lagi tertutup). Selain itu, Akademi Gigi Amerika dijelaskan beberapa penyebab lain yang dapat memicu gigi sensitif:

  • Kerusakan gigi (rongga)
  • Ada retakan di gigi
  • Tambalan yang mulai menghilang
  • Penyakit gusi

Untuk mencegah timbulnya masalah pada gigi Anda, disarankan agar Anda rutin menjaga kebersihan dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari.

Pasta gigi yang beredar di pasaran bisa dalam bentuk pasta, gel, atau bedak. Setiap pasta gigi biasanya memiliki bahan khusus yang ditujukan untuk kondisi tertentu atau merawat gigi.

Pada dasarnya ramuannya hampir sama, namun pasta gigi khusus gigi sensitif memiliki beberapa bahan untuk membantu mengurangi gejala yang sering dirasakan.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih pasta gigi adalah:

IKLAN

  • Mencegah kerusakan. Fluor merupakan pencegahan kerusakan alami yang membantu menjaga kekuatan email gigi, misalnya melawan gigi berlubang. Tidak semua pasta gigi mengandung fluor, jadi pastikan untuk memilih pasta yang mengandung mineral ini.
  • Sensitivitas menekan. Penderita gigi sensitif perlu memilih pasta gigi jenis ini karena mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi gigi sensitif.
  • Memutihkan. Jika Anda ingin memberikan efek lebih putih pada gigi Anda, saat ini beberapa pasta gigi memberikan bahan yang tidak hanya dapat memberikan perlindungan, tetapi juga memutihkan gigi.

Bahan penting dalam pasta gigi untuk gigi sensitif

pasta gigi gigi berlubang

Manfaat atau fungsi pasta gigi yang disebutkan di atas merupakan salah satu cara untuk merawat gigi sensitif. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, bahan atau senyawa apa saja yang memberikan efek atau dampak tersebut?

Berikut pemahaman yang lebih mendalam tentang kandungan pasta gigi yang bisa membantu menenangkan saraf gigi sakit, menutupi area gigi yang menyebabkan nyeri, dan membantu menebalkan email gigi pada orang dengan gigi sensitif.

Kalium nitrat dan natrium fluorida

Potasium nitrat telah lama digunakan sebagai bahan dalam pasta gigi sensitif karena efeknya dalam mengurangi sensitivitas. Hal ini dibuktikan dengan a penelitian diterbitkan Jurnal Kedokteran Gigi Klinis dan Eksperimental tahun 2012.

Penelitian ini melibatkan 15 pasien dengan gigi sensitif dan diberikan pasta gigi yang mengandung 5% kalium nitrat, natrium fluorida, dan beberapa senyawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung kalium nitrat menurunkan sensitivitas secara signifikan.

Oleh karena itu, penggunaan kedua senyawa ini efektif dalam mengurangi gejala seperti seringnya nyeri.

NovaMin (kalsium natrium fosfosilikat)

NovaMin adalah senyawa yang juga terdapat dalam pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Bukan tanpa alasan, berdasarkan penelitian pada tahun 2010 oleh Pusat Medis Angkatan BersenjataKandungan NovaMin yang juga mengandung potasium nitrat dalam pasta gigi yang digunakan dalam penelitian ini membantu mengurangi sensitivitas setelah dua dan empat minggu penggunaan.

Padahal, penelitian ini menekankan bahwa pasta gigi dengan kandungan NovaMin lebih baik dalam mengurangi gejala gigi sensitif dibandingkan dengan yang tidak memiliki senyawa yang satu ini.

Selain kedua bahan tersebut, pasta gigi sensitif masa kini juga memiliki efek menyegarkan, seperti daun mint. Selain mendapat perlindungan dan mengurangi nyeri, mulut bisa terasa segar sepanjang hari. Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih pasta gigi dengan konten ini.

Gigi sensitif merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa disembuhkan secara instan. Anda perlu merawat gigi sensitif secara rutin dengan menggunakan media yang tepat, salah satunya pasta gigi sensitif. Jika Anda merasa gigi sensitif Anda tidak kunjung hilang, Anda bisa berkonsultasi ke dokter gigi.

Postingan Time to Switch to Special Toothpaste to Care for Sensitive Teeth muncul pertama kali di Hello Sehat.

Baca:  Rekomendasi Serum Lokal untuk Usia 30 Tahun ke Atas