Miris, TikTok Anak Viral Perankan Adegan Dewasa, Waspada Ma!

Miris, TikTok Anak Viral Perankan Adegan Dewasa, Waspada Ma!

Lagi-lagi aplikasi TikTok bikin para orang tua grogi, Mampaps! Setelah beberapa tantangan tidak bermoral seperti fotgil (foto telanjang). Kali ini video viral anak-anak sekolah dasar menirukan adegan dewasa dengan pengguna yang masih di bawah umur. Sangat disayangkan Mampaps, TikTok, anak yang viral ini membuat para orang tua grogi, apalagi sebagian besar pengguna media sosial tersebut adalah anak-anak.

Video Viral dan Mengganggu TikTok Kids

Memiliki konsep sudut pandang (POV), dengan menampilkan dua pengguna TikTok berkolaborasi. Tentunya siapapun yang melihat video anak TikTok yang viral ini akan marah, seolah memperlihatkan hubungan seksual anak di bawah umur.

Kabarnya, video viral anak TikTok yang viral ini telah dihapus dari akun anak tersebut! Namun sayangnya dunia maya memang kejam, video ini tiba-tiba menjadi viral dan tersebar luas di internet.

Baca Juga: Waspada Tantangan TikTok yang Makan Banyak Korban!

Bahaya Gadget Tanpa Pengawasan

sumber gambar: marketwatch.com

Kejadian di atas adalah contoh kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak, Mampaps! Selain bisa leluasa membuat video asusila seperti kasus video TikTok untuk anak menjadi viral, bahaya gadget tanpa pengawasan orang tua juga mengancam kesehatan mental dan perkembangan si kecil. Tak hanya itu, berikut bahaya gadget tanpa pengawasan yang harus diwaspadai para orang tua:

Mengganggu Pertumbuhan Otak

Tahukah Anda Mampaps, kecanduan gadget sejak dini bisa mengganggu pertumbuhan otak si kecil? Biasanya hal ini terlihat dari keterlambatan kognitif si kecil seperti keterlambatan menerima informasi saat belajar, mudah mengamuk, dan kesulitan belajar mandiri. Untuk itu, sangat penting bagi Mampaps untuk tidak memperkenalkan gadget kepada si kecil di usia 0-2 tahun.

Radiasi Emisi

Perlu diketahui Mama Papa, pada Mei 2011 lalu, WHO mengklasifikasikan ponsel dan gadget ke dalam kategori 2B yang dapat menyebabkan kanker akibat pancaran radiasi pada perangkat tersebut. Akan tetapi, dinyatakan bahwa anak-anak lebih sensitif terhadap radiasi daripada orang dewasa.

Baca Juga: Mencegah Anak Bermain Gadget Saat Pandemi

Memiliki Sifat Agresif

Si kecil mungkin saja memiliki sifat agresif karena konten yang ia tonton melalui media sosial yang tersebar luas di internet, seperti kekerasan fisik atau seksual. Jika tidak ada pengawasan dari orang tua, tentunya si kecil bisa leluasa mengaksesnya, yang bisa menimbulkan perilaku agresif yang bisa menyerang orang lain.

Cacat mental

Sebuah penelitian menyebutkan, penggunaan gadget pada anak jika diberikan tanpa pengawasan dapat meningkatkan risiko kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, kurang perhatian, autisme, gangguan bipolar, kesepian dan beberapa perilaku bermasalah lainnya.

Masih ada beberapa bahaya lain yang mengancam si kecil, seperti kurang tidur, obesitas dan kemampuan belajar yang lambat. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada Little Mampaps, bukan? Yuk, mulai sekarang awasi si kecil sambil bermain gadget.

Anak-anak Bermain TikTok, Ketahui Bahaya yang Mengancam

Anak Tiktok menjadi viral

sumber gambar: thenational.ae

Jika digunakan dengan benar dan bijak, peron TikTok tentunya tidak membahayakan penggunanya, termasuk anak-anak. Sayangnya, saat ini banyak sekali konten non-pendidikan yang tersebar luas di sini. Salah satunya adalah video TikTok viral anak-anak yang menampilkan adegan dewasa. Kalaupun melihat mayoritas pengguna TikTok adalah anak-anak di bawah usia 18 tahun, tentunya konten negatif ini akan berbahaya dan mengancam anak-anak seperti:

Baca:  Cara Menghitung Masa Subur Agar Cepat Hamil

Potensi Kejadian Penindasan Maya

Mampaps, masih ingat Bowo Alpenliebe? Yap, Bowo merupakan salah satu artis Tiktok yang mendadak viral dari video-video yang bertebaran di akunnya. Namun, ketika penggemarnya memintanya bertemu penggemar Bahkan, Bowo diserang dengan kata-kata dan tindakan yang buruk.

Baca Juga: Video Tiktok Lucu dan Kreatif, Amankah Tiktok untuk Anak?

Memang video TikTok hanya berdurasi 15 detik saja, saat ini video yang disebar kebanyakan video tentang tantangan dancing atau lipsing dan biasanya masih banyak video edukasi lainnya yang bisa ditonton siapa saja. Namun, pengguna yang tidak bijaksana bisa melakukannya perundungan siber dengan mengeluarkan kata-kata kasar, ejekan, hinaan yang tentunya berdampak negatif pada perkembangan psikologis anak.

Memicu Narsisme Berlebihan

Untuk mengejar angka pengikut, seperti dan komentar beberapa pemilik akun TikTok bersedia membuat dan melakukan apa saja untuk membuat konten yang mereka anggap menarik. Tanpa rasa malu, hormat, dan sopan santun, semuanya dilakukan agar video 15 detiknya bisa disaksikan banyak pengguna TikTok lainnya.

Eksploitasi Anak

Tanpa disadari Mampaps, TikTok bisa menjadi alat eksploitasi anak dan pedofil! Mereka suka sekali nonton video TikTok anak viral dan tersebar luas di dunia maya, bahkan beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab ini bisa menjadi pencetak uang, lho! Tentu hal ini sangat tidak baik dan harus segera dicegah.

Strategi Mendampingi Anak Bermain Gadget

Sumber gambar: pexels.com

Memang selama pandemi ini anak-anak dituntut untuk belajar dari rumah dengan menggunakan gadget sebagai alat penghubung dengan guru dan teman-temannya. Namun, penting bagi Mampaps untuk memberikan batasan agar si kecil tetap tertib dengan gadgetnya. Nah, berikut beberapa strategi mendampingi anak bermain gadget yang bisa diikuti:

Mulai dari Mampaps Sendiri

Mengapa dari Mampaps? Karena anak-anak akan meniru apa yang mereka lihat, untuk itu selama terjadi pandemi, ada baiknya Mampaps juga ada larangan main gadget. Seperti menggunakan gadget pada waktu-waktu tertentu.

Buat Aturan dan Konvensi

Jika si kecil sudah mulai ketagihan menggunakan gadget, coba buat aturan dan kesepakatan bersama ya. Misalnya berapa lama durasi diperbolehkan menggunakan gadget di luar kegiatan belajar atau menonton online dan aplikasi apa saja yang bisa digunakan saat bermain gadget. Jika mereka berhasil dan berpegang pada aturan serta menjalankan kesepakatan dengan baik, jangan lupa beri apresiasi!

Bermain Media Sosial Bersama

Mendampingi si kecil bermain gadget tentunya sangat penting. Mampaps melakukannya, ini berguna agar terhindar dari konten berbahaya. Untuk anak-anak yang masih remaja ada baiknya Mampaps juga harus tahu media sosial apa yang mereka gunakan dan berteman dengannya di media sosial agar kita tahu dengan siapa dia berteman dan konten apa yang mereka bagikan.

Baca Juga: Radiasi! Dampak Negatif Gadget terhadap Pertumbuhan Si Kecil

Waspada tentunya menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi orang tua saat ini, untuk itu penting bagi kita untuk selalu mendampingi anak-anak kita agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang membahayakan dirinya sekarang dan di masa yang akan datang. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah viralnya video tiktok anak yang mengganggu semua orang.

Postingan Sedih, Viral TikTok Anak Main Adegan Dewasa, Awas Ma! muncul pertama kali di Mamapapa.id.